Friday, July 27, 2012

Pemuda Pohon dan Gadis Api

Gadis Api itu menyala cerlang
Menari-nari senantiasa kesana kemari
Utara, timur, selatan, barat,
gelora gadis itu berkelana mengenal dunia
Membakar apapun yang ia temui,
tanaman, buku, bangunan dan bahkan jiwa manusia. 
Dia pelajari setiap hal sampai ke abu-abunya.

Pemuda pohon asyik bermain dengan kelinci, burung, dan ulat
Kaki-kakinya terbenam dalam bumi

Termenung dan termangu yang ia bisa

Mana kenal dia dengan dunia yang terus berubah
Pikirannya hanya tentang sari-sari kehidupan yang diserap dari akar


Satu kesempatan mereka bertemu
Gadis api melintasi hutan tempat pemuda pohon berdiam
Pemuda melihat Gadis coba memamah ranting

"Hei jiwa yang bergelora di sana, apa yang sedang kamu lakukan?" Tanya Pemuda Pohon
"Aku jiwa pengembara, mempelajari dunia adalah pekerjaanku" jawab Gadis Api
"Ini adalah hutan kebijaksanaan. Tidak ada yang bisa kau dapatkan dengan membakar"
"Apiku menyala-nyala. Tidak ada mahluk di bumi ini yang tidak mampu aku pelajari dengan membakar" 
"Apakah sama abu dengan serat kayu? Apa jiwa dapat berbicara di tubuh yang hangus?"
"Apa yang bisa dilakukan api selain membakar?"
"Seperempat abad saya berkelana dan hanya menemukan ambisi"
"ular yang selalu ingin tampil cantik dengan mengganti kulit,
ulat yang menipu mata menjadi kupu-kupu
manusia yang menutupi jiwanya dengan harta dan emas" 


Ucap Pemuda Pohon,
"Perubahan adalah suatu ketetapan,
bahkan batu yang hanya bisa diam mengalami siklus.
Jiwa pelakunya yang membedakan."

"Tapi tidak dengan kau? Diam di sana. Dari tunas sampai menjulang sekarang, kau tetaplah kayu"
Apa yang kau tahu tentang dunia dan ketamakannya?"


"Kami mungkin tidak mengenal angin perubahan, tapi kami tahu asas setiap kehidupan"



'"Kemari dan mendekatlah! Akan kutunjukkan kedamaian untukmu."

Pemuda Pohon mendekap Gadis Api
"Masuklah dalam setiap selku dan temukan jiwaku terdalam di bumi"


Saat Gadis Api menyelimuti Pemuda pohon,
Pemuda Pohon mengubur dirinya dalam bumi sampai tertutup semua batangnya.

Dalam perut bumi,
Dalam dekapan panas bara api,
Perpaduan mereka mencipta intan.




*G

Saturday, July 21, 2012

Layla dan Majnun


Kisah dua sejoli paling masyhur di muka bumi ini. Percintaan keduanya dikenal oleh manusia di semua penjuru dunia. Di tangan Shakespeare kisahnya berubah menjadi Romeo dan Juliet. Rumi menjadikannya sebagai bagian bahan dari Masnawinya.

Layla dan Majnun menggambarkan hubungan Kekasih dan Pecinta. Menjadi pecinta adalah jalan mendaki dan berduri. Napasnya berat menangung aroma cinta. Langkahnya seok menahan setiap duri mawar yang bertebaran di jalan. Oh, siapakah yang paling malang di dunia ini selain Pecinta? Dunia adalah penjara para pecinta.

Kekasih adalah pihak yang menerima cinta. Tiada yang sulit baginya. Pandai-pandailah memilih kekasih. Hanya pada mereka yang tahu berterimakasihlah hendaknya kau serahkan cintamu.
Pecinta menanamkan mawar, dan kekasih menyiramnya.
Pecinta melesatkan anak panah, dan angin kekasih membimbingnya
Pecinta awan yang menangis, dan kekasih memberinya pelangi

Cinta agung dan mulia. Siapa yang mengharapkan berjumpa dengannya siap-siap menjadi Majnun. Kepada Laylamu yang sejati, darah dan air mata perhiasan cintamu.

****

Mengawali Ramadhan dengan menghabiskan novel Layla dan Majnun karangan Nizami Ganjavi (Pengantin Surga. Penj, Salahuddien Gz. 2012. Jakarta: Dolphin), sungguh satu pelajaran berharga untuk meresapi ibadah dalam hati saya. Layla dan Majnun adalah satu cerita penuh hikmah jalan cinta para sufi.
Majnun adalah representasi dari orang-orang yang mencinta. Cinta bagi orang-orang yang betul-betul mempunyainya adalah kegilaan.
Layla bisa siapa pun orang yang kita cintai. Tapi Layla yang sejati hanyalah Pencipta Cinta itu sendiri. Dialah yang sejatinya merawat cinta para pecinta. Setia memegang amanah cinta dan menyiramkan lebih banyak bahan bakar cinta kepada para pecinta.

***

Dan siapakah diriku, yang jauh namun dekat darimu?
Aku pengemis yang menyanyi! Layla, kau mendengarku?
Terbebas dari putaran hidup yang membosankan,
Bagiku kesunyian dan kesedihan adalah kebahagiaan.
Kehausan di arus duka kegembiraan, aku tenggelam.
Wahai anak mentari, aku menderita di malam hari.
Walau terpisah, dua jiwa kita berpadu abadi,
Sebab milikku adalah milikmu, menyatu di dalam hati.


Kita adalah dua teka-teki bagi dunia.
Meski desah dan keluhan berasal dari dua bibir kita,
Sesunguhnya itu berasal dari satu mulut saja.
Bila pisau perpisahan membelah kita menjadi dua,
Satu cahaya kemilau menyelimuti kau dan aku,
Seperti dari alam lain, walau terhalang oleh waktu.

Meski di sini terpisahkan, di sana kita satu adanya.
Bila tubuh-tubuh yang putus asa terpisah,
Jiwa-jiwa bebas mengembara dan bercengkrama.
Aku akan hidup abadi, dan Malaikat Maut sendiri,
Tak lagi berkuasa mengndalikan jiwaku ini.
Bersama dirimu dalam kekekalan,
Aku hidup hanya bila kepadaku napasmu kau tiupkan.

***

A scene from Nezami's adaptation of the story. Layla and Majnun meet for the last time before their deaths. Both have fainted and Majnun's elderly messenger attempts to revive Layla while wild animals protect the pair from unwelcome intruders. Late sixteenth century illustration.
Sepasang kekasih berbaring di pusara ini,
Menanti kebangkitan dari rahim kegelapan.
Setia dalam perpisahan, setia dalam cinta,
Sebuah istana menanti mereka di alam sana.

Thursday, July 19, 2012

National Orchid Garden

National Orchid Garden



Longing for someone....


Together with families...




And many more....

Monday, July 9, 2012

Piagam Jakarta

Tulisan ini bukan analisa penulis, hanya merupakan catatan kecil dari buku yang saya baca yakni, "Status Piagam Jakarta, Tinjauan Hukum dan Sejarah. Ridwan Saidi. Jakarta. NaHMIlub: 2007

Piagam Djakarta atau Jakarta Charter adalah satu peristiwa penting dalam sejarah lahirnya bangsa Indonesia.sebagai sebuah negara. Piagam Djakarta lahir pada tanggal 22 Juni 1942 sebagai hasil dari perundingan "panitia kecil" yang ditugaskan oleh rapat Badan Penyelidik Usaha-usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) untuk menyusun persoalan mendasar berkaitan dengan Hukum Dasar atau Undang-undang Dasar. Anggota tersebut adalah:
1. Ir. Soekarno
2. Drs. Moh. Hatta
3. Mr AA Maramis
4. Abikoesno Tjokrosoejoso
5. Abdoel Kahar MOezakkir
6. H. Agoes Salim
7. A. Wachid Hasjim
8. Mr. Achmad Soebardjo
9. Mr. Moh Yamin
Hasil dari diskusi "Panitia kecil" tersebut adalah apa yang disebut sebagai Piagam Jakarta atau Jakarta Charter. Berikut bunyi lengkapnya:

Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan .
Dan perjuangan pergerakan Kemerdekaan Indonesia telah sampailah pada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa menghantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang negara Indonesia yang bersatu , berdaulat , adil dan makmur .
Atas berat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan yang luhur supaya berkehidupan berkebangsaan yang bebas maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya .
Kemudian dari pada itu untuk membentuk suatu pemerintahan negara Indonesian yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum , mencerdaskan kehidupan bangsa , dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan , perdamaian abadi dan keadilan sosial , maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada Ketuhanan dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluk - pemeluknya , menurut dasar kemanusiaan yang adil dan beradab  , persatuan Indonesia dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan serta dengan mewujudkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia .

Teks redaksional di ataslah yang seharusnya menjadi pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Dilalah, pada sidang Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) tanggal 18 Agustus 1945, tujuh kata "dengan menjalankan syariat Islam bagi pemeluk - pemeluknya" dicoret dalam UUD 1945 yang disahkan.

Pencoretan tujuh kata tersebut membawa kekecewan besar oleh para tokoh dan ulama Islam dan mengakibatkan kekisruhan berkepanjangan. Meskipun Piagam Jakarta tidak serta merta menjadikan Indonesia sebagai negara Islam, namun dengan adanya piagama Jakarta menjamin para pemeluk agama Islam untuk dapat menjalankan syariat agamanya. Hal ini mempunyai akar sejarah dalam Undang-undang Hindia Belanda (Indische Staatregeling Tahun 1925 juncto Regeerings Reglement pasal 173 yang berlaku sejak 2 September 1855) yang juga mengakui Hukum Islam sebagai hukum yang berlaku untuk para pemeluknya 

Sejak pencoretan tersebut, Piagam Jakarta tak lebih hanya menjadi dokumen sejarah atau bisa juga sebagai dokumen politik dari perjuangan politisi Islam dalam memperjuangkan Dasar Negara yang sesuai syariat. Kemudian Piagam Jakarta mendapatkan tempatnya kembali sebagai Dokumen hukum sebagai konsideran juridis atau dasar hukum setelah Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden pada tanggal 5 Juli 1959. Berikut bunyi lengkap dekrit tersebut:

Keputusan Presiden Republik Indonesia
No. 150 Tahun 1959
Dekrit
Presiden Republik Indonesia/Panglima Tertinggi Angkatan Perang

Tentang

Kembali Kepada Undang-undang Dasar 1945

Dengan Rakhmat Tuhan Yang Maha Esa
Kami Presiden Republik Indonesia/ Panglima Tertinggi Angkatan Perang

Dengan ini menyatakan dengan khidmat:
Bahwa anjuran Presiden dan Pemerintah untuk kembali pada Undang-Undang Dasar 1945, yang disampaikan kepada segenap rakyat Indonesia dengan amanat Presiden pada tanggal 22 April 1959, tidak memperoleh keputusan dari Konstituante sebagaimana ditentukan dalam Undang-Undang Dasar Sementara;
Bahwa berhubung dengan pernyataan sebagian terbesar Anggota-anggota sidang pembuat Undang-undang Dasar untuk tidak menghadiri lagi sidang, Konstituante tidak mungkin lagi menyelesaikan tugas yang dipercayakan oleh Rakyat kepadanya;
Bahwa dengan dukungan terbesar Rakyat Indonesia dan didorong oleh keyakinan Kami sendiri, Kami terpaksa menempuh satu-satunya jalan untuk menyelamatkan Negara Proklamasi;
Bahwa Kami berkeyakinan bahwa Piagam Jakarta tertanggal 22 Juni 1945 menjiwai Undang-Undang Dasar 1945 dan adalah merupakan suatu rangkaian kesatuan dengan Konstitusi tersebut;

Kami
Presiden Republik Indonesia/ Panglima Tertinggi Angkatan Perang
Menetapkan pembubaran Konsituante.
Menetapkan Undang-Undang Dasar 1945 berlaku lagi bagi segenap Bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, terhitung mulai hari tanggal penetapan Dekrit ini, dan tidak berlakunya lagi Undang-undang Dasar Sementara.
Pembentukan Majelis Permusyawaratan Rakyat Sementara yang terdiri atas anggota-angota Dewan Perwakilan Rakyat ditambah dengan utusan-utusan dari daerah-daerah dan golongan-golongan. Serta pembentukan Dewan Pertimbangan Agung Sementara, akan diselenggarakan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya.

Ditetapkan di Jakarta
Pada tanggal 5 Juli 1959
Atas nama Rakyat Indonesia
Presiden Republik Indonesia/ Panglima Tertinggi Angkatan Perang

Sukarno

Dengan Dekrit Presiden tersebut maka kedudukan dari "tujuh kata" mendapatkan tempatnya kembali. Menurut Perdana Menteri Djuanda:

Pengakuan adanya Piagam Djakarta sebagai dokumen historis bai pemerintah berarti pengakuan pula akan pengaruhnya terhadap UUD 1945. Jadi pengaruh termaksud tidak mengenai Pe...mbukaan UUD 1945 saja, tetapi juga mengenai pasal 29 UUD 1945, pasal mana selanjutnya harus menjadi dasar bagi kehidupan hukum di bidang keagaman.
Yaitu dengan demikian kepada perkataan "Ketuhanan" dalam Pembukaan UUD 1945 dapat diberikan arti "Ketuhanan, dengan kewajiban bagi umat Islam untuk menjalankan syariatnya." Sehingga atas dasar itu dapat diciptakan perundang-undangan bagi para pemeluk agama Islam, yang dapat disesuaikan dengan syariat Islam.

Kesimpulannya, mari kitabersama-sama memperjuangkanhak ummat Islam yakni menegakkan syariat di bumi Indonesia secara konstitusional sebagaimana para pendahulu kita memperjuangkan syariat ke dalam dasar negara ini.