Saturday, April 3, 2010

Orang Palestina

Orang Palestina
          Namaku orang Palestina
          Jelas aksaranya
Di seluruh medan pertempuran
          Kuguratkan namaku
          Tidak ada alias lainnya
Aksara namaku mencengkramku
          Dialah nyala
          Dialah Denyut
          Di darahku
Orang Palestina
          Begitulah namaku
          Nama yang gaduh
          Nama yang duka
Mata mereka mengincar
Membunuh dan mengejar
Karena aku orang Palestina
          Dan sesuka hati mereka
          Memaksaku ngembara
Daku, seumur hidupku
Tanpa ciri dan tanda
          Dan sesuka hati mereka
          Mereka beri daku nama
          Dan julukan
Penjara dengan gerbang menganga
Menyedotku
Di seluruh airport dunia
Dicatat nama dan julukanku
Angin nista membawaku
Mencincang daku
Orang Palestina
          Nama itu memburuku
          Menetap dalam diriku
Orang Palestina nasibku
          Nama itu bergantung
          Di kudukku
          Menggelegakkan darahku
Orang Palestina aku
          Walau mereka menginjak badanku
           Menginjak namaku
Orang Palestina aku
          Walau mereka mengkhianatiku
           Dan meludahi cita-citaku
Orang Palestina aku
          Walau mereka menjualku
          Di pasar dunia
          Dengan harga beribu juta
Orang Palestina aku
          Walau ke gantungan dihalau aku
Orang Palestina aku
          Walau ke dinding diikat aku
Orang Palestina aku
Orang Palestina
          Walau ke unggun dilempar aku
Aku..... apa aku?
Tanpa namaku, orang Palestina
Tanpa kampung halaman
Tempat berlindung
Aku..... apa aku?
Jawab aku
Jawab!

(Harun Hashim Rashid, penyair Palestina lhr. 1930. Terj. Taufiq Ismail dalam Kembang Para Syuhada, 1988)

No comments: