Tuesday, October 11, 2011

Khotbah Jumat

Ada baiknya saat menulis, saya memposisikan diri  seperti saat saya menghadapi tugas khutbah jumat di Pondok. Sebelum saya melakukan khutbah Jumat beberapa hal yang biasanya saya lakukan sebagai khotib amatir adalah:

  1. Merenungi tema khutbah apa yang sesuai dengan keadaan pendengar.
  2. Menyusun poin-poin penting yang akan saya sampaikan.
  3. Mencari dalil-dalil pendukung dari poin-poin yang akan saya sampaikan. Poin 3 ini saya lakukan karena saya hanya hafal sedikit dalil-dalil secara litterlijk.
  4. Mengumpulkan contoh-contoh kasus yang mampu memberikan pemahaman yang lebih mengena ke pendengar.
  5. Menghafal kembali susunan doa-doa.

Jika saja saya menulis dengan melakukan tahap-tahap di atas, tentunya saya bisa membuat tulisan yang lebih bernas. Insya Allah.

No comments: