Friday, May 9, 2008

10 Hal Tentang Aksi yang Mesti Kamu Tahu

Aksi demonstrasi merupakan sarana bagi masyarakat democrazy untuk menyalurkan aspirasi, mengontrol kebijakan pemerintah. Hampir setiap minggu dapat kita temui berita tentang aksi demo yang digelar di berbagai daerah dengan tema beragam.

Sedikitnya ada 10 hal tentang aksi demo yang mesti kamu tahu, yakni:
  1. Pahami terlebih dulu tema yang diusung dalam aksi dan apa yang menjadi alasan dalam pengusungan tema tersebut. tema-tema aksi dapat diklasifikasikan menjadi: fundamen, penting, mendesak, atau remeh.
  2. Amati siapa yang menyokong logistik (dana, makanan) aksi tersebut. bisa jadi aksi tersebut hanya merupakan aksi tunggangan orang-orang yang bermodal.
  3. Siapa yang mengisi orator dalam aksi tersebut. Aksi bisa menjadi sarana bagi kamu untuk dapat bersilaturahim dengan tokoh ummat. Dalam berorasi, kamu dapat melihat para tokoh tersebut mengeluarkan semua emosinya, kemampuannya beretorika, dan paradigma berpikirnya.
  4. Datanglah terlambat. dengan begitu kamu dapat melihat semua peserta aksi. Lalu dengan jalan gagah agak cepat berjalan mendahului para peserta perempuan dengan maksud menyusul rombongan depan, sambil sedikit-banyak lirik sana-sini.
  5. Berdirilah dekat dengan panggung orator. di sana kamu akan mendapatkan kesempatan lebih untuk tertangkap kamera.
  6. Hapalkan setiap stasiun tipi yang datang meliput aksi, agar memudahkan kamu memberitahukan teman dan orang rumah tipi mana yang mesti ditonton untuk melihat kamu aksi.
  7. Kenakan topi atau slayer untuk menutupi wajah. Hindari pemotret gelap yang membidik wajah para pendemo. Bisa jadi kamu dijadikan daftar target operasi di aksi-aksi mendatang.
  8. Istirahat dalam aksi bisa dengan beli jajanan di sekitar tempat berlangsung aksi. Cari tempat jajan yang sama dengan wartawan senior, say hello, sedikit ngobrol, dan jajan kamu akan dibayarin oleh wartawan yang baik hati itu.
  9. Hati-hati dengan pria dengan tinggi 165cm ke atas yang menanyakan banyak hal tentang aksi. Jangan berikan informasi nama dan info pribadi lainnya, apalagi afiliasi kelompok aksi. Bisa jadi dia intel.
  10. Nikmati kepulangan anda! Lewati objek menarik yang mungkin kamu lalui menuju pulang. Seperti Monas kalau aksi depan Istana.
Jangan terlalu dianggap serius!

No comments: