Tuesday, May 20, 2008

Kembara Intelektual



Universitas Indonesia merupakan satu dari sedikit kampus terbaik yang ada di Indonesia. Namun dari sekian banyak itu, hanya UI yang bisa dibilang sebagai wajahnya kampus Indonesia. Karena mungkin masih ada kampus lain yang lebih baik dari UI, yang pantas disebut sebagai rambut kepala.

Sebagai sebuah kampus multiversitas, yang mengajarkan banyak disiplin ilmu yang terpisah satu sama lain, terdapat perbedaan unik yang saya amati dari setiap fakultas yang ada di lingkungan kampus. Masing-masing fakultas mempunyai tampilan budaya yang berbeda-beda. Budaya tersebut dapat dilihat dari bentuk bangunan, cara berpakaian mahasiswa, ruang perpustakaan, dan bahkan kantin masing-masing.

Bagi kalian yang ingin mengunjungi kampus UI dan melihat keragaman budaya, mungkin perlu mengikuti rangkaian mozaik UI untuk dapat menikmati dengan santai setiap pemandangan yang ada.


Kembara intelektual akan dimulai pada pukul 8 pagi, dimulai dari saya turun angkot 128 menuju ke dalam UI melalui stasiun. Dari sana menuju Fakultas Psikologi mampir ke ATM center untuk ngambil duit, terus belanja di Alfamart untuk beli bengbeng sebagai teman ngemil selama perjalanan.

Dari FPsi, menuju FISIP duduk smsan di plasa depan gedung B, terus baca koran di MBRC. Jam 11an mulai jalan ke FIB lewatin Fasilkom gedung bundar tertutup yang dijaga ketat anjing, makan siang di Kansas dengan nasi padang atau lontong sayur, makan sambil ngobrol di bawah payung. Setelah selesai, buang ludah dulu di sekitar candi yang nyempil di antara gedung perkuliahan.

Nyebrang danau lewat Jembatan Teksas, belok kanan mampir dulu ke FE. Masuk ke dalam gedung B, lanjut terus ke Mushola Ikhwan, satu-satunya mushola di UI yang murni gak nyampur dengan akhwat. Terus jalan lewat samping SC (Student Center) sambil lihat pelangi siang di ari mancur makara UI, belok kiri masuk ke area parkiran terus lanjut ke FT lewat gedung baru Engineering Center.

Dari Engineering Center terus tembus ke Kantek (kantin teknik). Lihat sebentar anak2 main futsal atau lihat panjat tebing punya Kapa FT. Lanjut perjalanan, masuk ke career center yang ada di depan Pusbintakwa di kawasan Pusgiwa. Masuk ke pusgiwa, duduk ngobrol agak lama dengan Pak Qodir di bangku sebelah kantor Satpam Pusgiwa, biasanya juga ada Pak Bahri yang kuncen di Pusgiwa.

Sudah agak sore jam 3an, jalan turun naik ke Perpus pusat lewat halte depan PNJ. Sholat ashar di perpus, kalau lagi beruntung bisa ngenet gratis di ruang komputer yang biasanya antre dengan mahasiswa yang mau ngenet. Naik ke lantai 2, lihat-lihat siapa yang lagi ke perpus, klo ada yang menarik coba deket-deket sambil curi-curi pandang.

Minum teh di kantin belakang rektorat sambil makan bengbeng yang tadi dibeli. kemudian lanjut ke FMIPA, masuk lewat gedung dekanat sedikit setelah garasi bis kuning. Gak banyak yang bisa dilihat karena padat dengan gedung atau lab baru yang dibangun. Paling juga lihat-lihat akhwat yang berseliweran lewat.

Kembara lanjut ke FKM, menuju gedung utama tempat sekretariat senat dan auditorium di lantai dua. Baca mading-mading yang banyak ditempel di gedung ataupun lorong. Dari FKM bisa lanjut ke FIK untuk melihat kantin unik disana yang masih menggunakan penukaran koin untuk jajan. Atau langsung ke Rektorat.

Karena di FIK cuma ada kantin, maka lebih baik memilih ke Rektorat. Masuk ke gedung pelayanan mahasiswa untuk sekedar ngaso duduk di kursi empuk dengan ac sejuk. ke dalam rektorat coba naik ke lantai 9 ruang senat, kalau bisa. dari lantai 9 akan terlihat pemandangan luas kota depok marginda dan kawasan hijau UI yang mulai digantikan gedung-gedung baru.

Dari rektorat berjalan ke balairung untuk melihat banyak muda-mudi berduaan pacaran di pinggir Balairung berhadapan danau. Dari sisi sana, coba berdiri dan menghadap ke arah gedung Fasilkom, akan terlihat indahnya matahari terbenam, yang sinarnya juga terpancar indah di danau dengan pantulan Masjid UI di sebelahnya.

Penutupan Kembara hari ini diakhiri dengan sholat maghrib di Masjid UI. Berdoa untuk hari esok yang lebih baik. Senangnya hari ini!

No comments: