Friday, January 24, 2020

Berbagi 1100 Bingkisan Lebaran Kepada Guru Ngaji Lekar dan Marbot

Di akhir Ramadhan 1439H ini, BAZNAS Kota Depok membagikan 1100 paket bingkisan lebaran ceria kepada guru ngaji lekar dan marbot masjid yang tersebar di 11 kecamatan Kota Depok. Total penyaluran bingkisan lebaran sebesar 275 juta rupiah.

Menurut tinjauan fiqih, guru ngaji dan marbot termasuk orang-orang yang membela agama Allah dengan mengajarkan masyarakat ilmu Al-Qur'an serta melayani pelaksanaan ibadah di masjid sehingga masuk dalam kategori orang yang berhak menerima zakat dengan ashnaf Fisabilillah.

Menurut Iskandar, amil BAZNAS Kota Depok, "Dua nama ini sudah tidak asing lagi bagi kita. Ada ribuan Guru Ngaji dan Marbot di Kota Depok. Kedua orang ini sangat berjasa bagi kita yang memiliki dinamika sosial keagamaan di lingkungan."

Kondisi informal guru ngaji lekar dan marbot membuat mereka minim akses bantuan dari instansi dan lembaga struktural. Ke depan, BAZNAS Kota Depok berkomitmen untuk membangun kerja sama yang luas dengan masjid-masjid dengan membentuk Unit Pengumpul Zakat (UPZ) agar dapat secara sistematis memberdayakan para guru ngaji lekar dan marbot.

Unpublished

No comments: