Friday, January 24, 2020

LAUTAN SAMPAH

Kota Depok menghasilkan sampah setiap hari sebanyak 1300 ton, Jakarta mencapai 7000 ton, kota yang lain? Menurut perkiraan Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) , Indonesia pada tahun 2018 memproduksi sampah sebanyak 175.000 ton sampah setiap hari atau setara 64 juta ton sampah per tahun.

Pernah tidak berpikir bahwa berton-ton sampah yang setiap hari kita hasilkan tetapi tidak membuat penuh sampah area lingkungan kita?

Untuk bisa menjawab itu coba kita tengok kali dan sungai seusai hujan lebat atau banjir. Apa yang kita lihat di sana? sampah. Dan kemana ujung dari aliran kali dan sungai? Laut. Maka jawaban pertanyaan pertama adalah "Sampah itu menumpuk jadi pulau di lautan."

Menurut NASA, sudah terbentuk 5 "pulau sampah" di lautan hasil pemadatan 8 juta ton sampah setiap tahun yang terbuang ke lautan secara global.

Pulau sampah itu membawa dampak buruk kepada ekosistem lautan. Laut yang dilewati pulau sudah pasti mengandung banyak mikropartikel sampah yang bisa mengakibatkan kanker dan kematian pada mahluk hidup.

Selain sampah yang tidak tertangani itu, di setiap kota ada Tempat Pembuangan Sementara (TPS) dan Tempat Pembuangan Akhir (TPA). Petugas kebersihan atau tukang sampah di lingkungan rumah kita akan membuang sampah di titik-titik TPS terdekat. Dari TPS tersebut dibawa ke TPA Cipayung.

TPA Cipayung sendiri kondisi saat ini sudah melebihi kapasitas. Hampir 1000 ton sampah setiap hari masuk ke TPA Cipayung. Saking tingginya gunung sampah di TPA Cipayung, saat hujan deras datang di awal tahun, longsor menyumbat Kali Pesanggrahan dan mengakibatkan 3 perumahan banjir.

Bagaimana seharusnya kita sebagai masyarakat depok, warga dunia, dan manusia, mengelola sampah yang kita hasilkan sendiri agar tidak menjadi bencana bagi alam dan manusia lainnya?

Sabtu, 25 Januari 2020, Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Depok, Sahabat Siap Selamat dan Komunitas Saung Abah akan membahas itu dalam Mitigasi Bencana: Banjir dan Sampah. Kuy gabung!

Unpublished

No comments: