Friday, January 24, 2020

KATABA BANTU KORBAN BANJIR DENGAN PENDATAAN YANG BENAR

Jumat (3/1), Ibu-ibu relawan Keluarga Tanggap Bencana (Kataba) Kota Depok melakukan koordinasi dan pembekalan terkait pembuatan laporan kejadian (Sitrep) bencana di sekitar lingkungan warga.

Hujan yang terus mengguyur Depok pada Rabu (1/1) kemarin menyebabkan banjir dan longsor di banyak wilayah Depok. Berdasarkan informasi yang dihimpun relawan Kataba banyak pemukiman perumahan warga terdampak banjir.

Ibrahim, Ketua PRB Depok, "Kejadian Rabu kemarin mengingatkan kita bahwa bencana itu dekat dengan lingkungan kita. Aksi Ibu di lapangan perlu dibekali kemampuan membuat laporan kejadian yang benar agar bisa ditindaklanjuti oleh pihak berwenang."

Dalam acara tersebut hadir relawan Kataba dari perwakilan 8 kelurahan 6 kecamatan langsung dibimbing membuat laporan kejadian (situation report/sitrep) bencana oleh Christanto banyak berpengalaman di BASARNAS.

Siti Aminah, relawan dari Sukatani, "Banjir kemarin di RT 08/2 Sukatani mungkin tidak masuk ke perumahan tapi menutup banyak akses jalan. Kami mendapatkan pembekalan bagaimana kami dari masyarakat turun membantu yang terkena musibah"

Kataba Depok sebagai bagian dari Forum Pengurangan Risiko Bencana (PRB) Kota Depok ke depan akan menggalakan bagaimana agar warga dapat menabung air melalui penanaman pohon dan lubang biopori, dan memilah sampah agar dapat meminimalisir dampak jika terjadi hujan berterusan lagi.

Dimuat di https://www*siarandepok*com/baca/20200103/latihan-sitrep-bencana-kataba-depok-siap-beri-informasi-valid-ke-pemkot.html/amp 

No comments: